Curhat Aplikasi

Hai apa kabar? sudah lama ya saya tidak membuat postingan lagi belakangan ini, soal nya belom ada inspirasi nya. Oke kali ini inspirasi nya saya ingin beropini tentang pendapatan saya menggunakan sebuah aplikasi yang sudah cukup lama di kenal, dipakai banyak orang, biasanya yang suka belanja yaitu myJNE. Iyaa kenapa harus aplikasi tersebut, untuk berbagi pengalaman-pengalaman saya ketika menggunakan aplikasi tersebut. Ini opini apa berbagi pengalaman ya? Oke lanjut aja dulu kita ke topik nya, sebetulnya saya tidak ingin mengkomentar atau beropini pendapat saya tentang aplikasi ini sebab saya jarang juga untuk menggunakan aplikasi ini semenjak saya berpindah menggunakan aplikasi e-commerce yang lebih baik. Sebelum nya saya menggunakan aplikasi ini untuk tracking barang yang saya beli dari toko online, namun semenjak saya berpindah menggunakan aplikasi yang baru saya jadi kurang menggunakan aplikasi tersebut. Mungkin ini pendapat saya kurangan nya dari apa yang saya rasanya dari aplikasi tersebut.


Pertama. Mungkin sebab akibat saya menggunakan aplikasi ini lagi yaitu masalah tracking nya, kenapa saya bilang kekurangan nya adalah tracking sebab dalam aplikasi kurang nya integrasi antara kurir pengiriman barang dengan sistem yang ada. Jadi bisa dirasakan barang yang kita tunggu sedang dimana namun di dalam aplikasi masih dalam tahap pending atau sorting.


Kedua. Sederhana namun seperti nya penting buat saya yang jarang membuka hp secara berkala yaitu notifikasi tracking tersebut, mungkin penyebab tidak ada nya notifikasi itu karna penyebab pertama. menurut saya sebaik nya diperkembangkan lagi agar memudahkan pengguna untuk memastikan barang nya sampai dengan baik jika kita sedang sibuk berkerja, kuliah, atau sedang berpergian.


Itu dia point kekurangan yang saya simpulkan dari menggunakan aplikasi ini, tidak banyak karena juga saya menggunakan nya hanya sebatas mengecek ongkos kirim dan tracking barang saya yang sedang dalam perjalanan. 

Selanjut nya membahas kelebihan dari aplikasi myJNE yang mungkin saya rasakan ketika menggunakan nya. Mungkin tak banyak yang bisa diceritakan sebab ya itu sebatas untuk mengecek aja. Point-point yang sederhana, menarik buat saya, dan pasti nya ada kemudahan di dalam nya.

Pertama. Saya ceritakan terlebih dahulu, begini cerita nya. Saya itu pernah seharian dirumah sedang tidak ada kegiatan kampus maupun kegiatan tambahan seperti orang sibuk yang gak ada kerjaan, kemudian ada yang memanggil dari luar "Ppaaakkeeettt". Kemudian saya berfikir paket siapa ini sambil menuju keluar untuk mengambil paket, ternyata paket itu merupakan paket untuk Kakak saya yang rajin setiap sebulan sekali mungkin belanja hehehe. Nah lalu sang kurir meminta saya untuk menandatangani berkas atau biasa yang kita kenal yaitu Nomer Resi atau resi aja ya mungkin? Iya itu pokoknya jadi nomor resi itu menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah tanda terima secara tertulis, artinya apapun itu yang berupa tanda terima tertulis adalah resi, termasuk resi kiriman.
Jadi resi itu adalah berkas tanda terima kemudian saya diminta untuk menandatangani resi tersebut, ketika sudah ditanda tangani sang kurir menanya kan nama saya yang kemudian sang kurir menulis nama saya di resi tersebut. Kejadian tersebut awal nya saya tidak tau bertujuan untuk apa namun ketika saya menggunakan aplikasi tersebut saya sadar ketika saya sedang tidak dirumah lalu saya selalu meminta penjaga didepan komplek rumah untuk menunggu kiriman untuk saya, saat itu saya menyalin resi yang diberikan oleh pihak toko online ke aplikasi tracking ini yang kemudian saya sadari ketika barang tersebut sudah sampai di dalam history tracking tersebut terdapat nama penerima barang tersebut dan akhirnya saya menyadari selama ini akan hal tersebut. Sederhana namun penting untuk saya untuk mengetahui hal tersebut, panjang juga ya cerita yang kurang bermanfaat diatas hehehe.


Kedua. Check Tarif merupakan fitur yang sudah lama dikenal untuk mengirim paket, tak perlu dijelaskan juga ya karna pasti pada umumnya banyak orang yang menggunakan fitur ini untuk menghitung ongkos kirim dengan tempat asal ke lokasi tujuan, berat barang, panjang, lebar, dan tinggi barang. Dengan fitur ini kita diberikan kemudahan untuk mengetahui nilai ongkos yang dihitung, ini merupakan suatu kelebihan buat saya sebab sangat berpengaruh untuk digunakan bagi saya.

Ketiga. Fitur myJOB merupakan keperluan untuk pemilik toko online karena fitur tersebut yang arti nya JNE Online Booking, fitur ini dikhusus kan untuk pemilik toko online melakukan booking pengiriman barang secara online. Berarti para pemilik toko online yang ingin mengirim barang tak perlu mengantri cabang JNE karena mereka bisa melakukan booking secara online menggunakan fitur myJOB ini, saya juga kurang tau seperti apa fitur tersebut bekerja karena saya juga tak pernah menggunakan nya namun yang saya lihat dari toko yang selalu saya beli pasti menggunakan fitur JNE Online Booking untuk mendata barang yang ingin dikirim ke saya.

Oke itulah kekurangan dan kelebihan yang saya rasakan dengan menggunakan aplikasi tersebut, saya sebagai pengguna disini hanya ingin berbagi pengalaman dan mungkin membantu mencari memberikan solusi.

Solusi untuk kekurangan pertama dan kedua. Sebaik nya dijaman yang bergerak begitu cepat diperlukan integrasi data yang cepat juga untuk tidak kehilangan suatu informasi dengan demikian kita dapat merasakan kemudahan yang ada di dalam aplikasi tersebut, seperti notifikasi berupa history barang yang sedang dikirim. Solusi selanjutnya untuk para kurir seperti nya diberikan media untuk mengirim informasi barang yang sudah diterima jadi keterlambatan informasi tidak terjadi dan mempercepat penyelesaian pengiriman barang tersebut.

Mungkin itu solusi sederhana dari saya yang masih banyak kurang nya pengalaman ini, semua yang ingin berkembang tak secepat dapat dikerja kan mungkin pihak pembuat aplikasi membutuhkan izin-izin terdahulu untuk dapat membuat data yang integrasi itu tidak mudah.

Demikian curhatan aplikasi pertama kali ini, semoga cerita yang kurang berfaedah ini bisa dimengerti oleh pembaca. Jangan lupa tetap semangat dukung terus aplikasi-aplikasi karya dalam negeri, dukung para pengembang aplikasi untuk membantu bangsa ini agar dapat maju. Terima kasih, sampai jumpa di curhatan aplikasi lain nya..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmu Budaya Dasar - Kebudayaan Pompeii dan Persamaan dengan Desa Sodom

Masyarakat Pedesaan & Masyarakat Perkotaan